Tuesday, November 11, 2008

REKONSTRUKSI MATA KULIAH

REKONSTRUKSI MATA KULIAH
Mata kuliah: WRITING I

Tahap Evaluasi
Dari hasil evaluasi mata kuliah pada awal semester (UTS) diperoleh informasi bahwa:
Hasil belajar mahasiswa secara umum sangat rendah
Mahasiswa tidak mengerjakan tugas perkuliahan di rumah dan mereka tidak mempersiapkan diri sebelum mengikuti perkuliahan. Hal ini menyebabkan banyak mahasisw merasa perkuliahan terlalu cepat.
Materi perkuliahan diangap cukup sulit karena mahasiswa belum memiliki pengetahuan prasyarat dalam menulis Bahasa Inggris
Solusi :


a. Mengefektifkan latihan-latihan baik secara individu maupun kelompok, di bawah bimbingan dosen
b. Melaksanakan tugas terjadwal dan hasilnya dikembalikan kepada mahasiswa
c. Mengkaitkan setiap pembahasan dengan situasi lokal dan regional
d. Meninjau kembali TIU C4 > C3
TIU:
· Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat menulis sebuah tulisan sederhana dengan baik dan benar yang terdiri atas satu paragraf dalam Bahasa Inggris (C3)
TIK:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep Time Sequence secara benar (C2)
2. Mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis Time Sequence secara benar (C2)


KONTRAK PERKULIAHAN



Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
Pengajar Semester Hari Pertemuan/Jam Tempat Pertemuan :
:
:
:
:
: WRITING I
KEI2313
Drs. Anselmus Sahan
I
Kamis / 08.30 – 10.30 WITA
Ruang 4



1. MANFAAT MATA KULIAH

Kebutuhan masyarakat akan tenaga pengajar yang memiliki kemampuan dan ketrampilan menulis dalam Bahasa Inggris semakin hari semakin mendesak. Perubahan itu sejalan dengan semakin banyaknya kegiatan ekstrakurikuler, misalnya di sekolah-sekolah, dan termasuk mata pelajaran tertentu, yang menghendaki para peserta didik mampu dan trampil untuk menulis dalam Bahasa Inggris.
Mata kuliah ini diharapkan bermanfaat untuk membantu masyarakat memperoleh pemahaman cara-cara membuat tulisan sederhana dalam Bahasa Inggris.




2. DESKRIPSI PERKULIAHAN

Mata Kuliah WRITING I meliputi sembilan pokok bahasan yaitu: 1) Time Sequence I, 2) Time Sequence II, 3) Sequence Expressions, 4) General Statements as Topic Sentences, 5) Developing Topic Sentences by Enumeration, 6) Paragraph, 7) Writing An Essay, 8) Using Outsides Information, and 9) Using the Library. Untuk mencapai tujuan mata kuliah, pada setiap pertemuan dijelaskan tentang konsep, jenis dan kegunaan dan disertai contoh-contoh dan diakhiri dengan penugasan.




3. TUJUAN INSTRUKSIONAL

Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui konsep-konsep dasar, jenis-jenis tulisan, dan kegunaan dan menulis tulisan sederhana dalam Bahasa Inggris.





4. STRATEGI PERKULIAHAN

Pada setiap pertemuan, dosen memberi ceramah singkat tentang materi kuliahnya. Mahasiswa diberi tugas untuk mendiskusikan atau membahas setiap materi kuliah dan menulis sebuah tulisan sederhana yang terdiri satu paragraf. Tugas ini bisa dilakukan secara individu atau kelompok dan hasilnya dituliskan di papan tulis. Tujuannya adalah teman-teman atau kelompok lain bisa mengoreksi. Ada juga individu yang harus dikumpulkan. Dosen pengasuh akan membimbing dan memberi arahan kepada mereka.



5. MATERI/BACAAN PERKULIAHAN

Bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
1. Akhadiah, Sabarti, dkk. 1996. Materi Pokok Bahasa Indonesia (Modul). Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik dan Universitas Terbuka.
2. Oshima, Alice and Hogue, Ann. 1991. Writing Academic English. California: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
3. Wishon, George E and Burks, Julia M. 1980. Let’s Write English. New York: Litton Educational Publishing International.



6. TUGAS

1. Setiap perkuliahan, mahasiswa harus sudah membaca bahan bacaan atau materi perkuliahan yang sudah disusun dan dikopi sebelum mengikuti kuliah
2. Setiap perkuliahan mahasiswa harus aktif mengerjakan dan mendiskusikan tugas yang telah tercantum dalam setiap sub pokok bahasan.
3. Ujian Tengah Semester I diadakan pada minggu ke-8. Evaluasi akan menggunakan bentuk tugas menulis. Jadwal Ujian Akhir Semester ditentukan dalam Kalender Akademik yang diterbitkan Universitas.
4. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah WRITING I wajib mengerjakan tugas yang diberikan dan disiapkan dalam bentuk tertulis, menulis di papan tulis dan mempertangungjawabkan tulisannya di kelas.








7. KRITERIA PENILAIAN

Penilaian terhadap pekerjaan mahasiswa didasarkan pada Peraturan Akademik Universitas Timor. Karena itu, dalam pelaksanaannya, setiap pengajar dapat menggunakan kriteria penilaian sebagai berikut:


Nilai Point Range

A 4 80 - 100
B 3 66 – 79
C 2 56 – 65
D 1 45 – 55
E 0 < 44

Penentukan nilai akhir oleh pengajar menggunakan pembobotan sebagai berikut:
Tugas : 20%
UTS : 30%
UAS : 50%

Nilai Akhir adalah Nilai Tugas + Nilai UTS + Nilai UAS : 3.
Read More...